Varian Resep Ayam Geprek Yang Sedang Booming

Siapa sih yang tidak tahu ayam geprek? Salah satu makanan yang akhir-akhir ini sedang booming itu memang sedang populer di kalangan anak-anak muda. Saking populernya, resep ayam geprek yang bisa kamu buat sendiri di rumah ini sudah semakin banyak variannya, sehingga kamu bisa mencobanya dengan sambal-sambal lainnya.

Ayam yang menjadi salah satu olahan daging yang paling gampang selalu saja mendapat ide-ide baru untuk diolah menjadi menu lainnya. Begitu juga saat membuat ayam geprek. Saat ini semakin banyak saja varian ayam geprek yang bisa kamu praktikan sendiri, bahkan kamu bisa menambahkannya dengan bahan masakan lainnya.

Seperti sambalnya yang tidak hanya sambal bawang saja, tapi bisa kamu gunakan jenis-jenis sambal lainnya, mulai dari sambal goang, sambal kencur, sambal matah, dan sebagainya. Dari berbagai varian resep ayam geprek itu, tidak heran peminatnya semakin meningkat, bahkan restoran-restoran besar saja sudah mulai menyajikan menu ayam geprek untuk memanjakan lidah konsumennya.

Varian Ayam Geprek Menggunakan Berbagai Sambal

Daripada kamu terus-menerus jajan membeli ayam geprek, apalagi kamu yang sedang berada di tabungan akhir bulan, kenapa tidak mencobanya saja sendiri membuatnya di rumah? Caranya sebenarnya gampang saja, karena bahan-bahan yang dibutuhkan sederhana dan yang paling penting jangan lupakan ayamnya ya.

Simak saja beberapa varian resep ayam geprek yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

  1. Ayam Geprek Bumbu Dasar

Pada dasarnya, ayam geprek memang disajikan dengan sambal yang ayamnya lebih dulu di geprek. Tapi, agar rasanya lebih nikmat, usahakan kamu memasak ayamnya dengan digoreng krispi. Ayam yang krispi tentu membuat kamu yang menyantapnya nanti akan merasakan kegurihannya ditambah dengan sambal yang pedas nikmat.

  • Bahan-bahan

1/4 kg Ayam
1 bungkus Tepung bumbu ayam goreng
Bumbu marinasi:
1/2 sdt Merica
3 siung bawang putih
Garam
Bahan sambal:
9 buah Cabe rawit merah / cabe setan (sesuai selera)
3 siung bawang putih
1 buah jeruk sambal
secukupnya Garam

  • Langkah

    1. Siangi ayam, campurkan dengan bumbu marinasi yg sudah di haluskan, diamkan 2 jam (karna saya gak mau nunggu lama jadi ayam nya saya ungkep pake bumbu marinasinya di kasi air dikit biar gak gosong, pake api kecil. Dan ayamnya jadi bebas darah)
    2. Panaskan minyak dg api sedang (secukupnya sampai ayam tenggelam), balur ayam dg tepung bumbu,jika minyak sudah panas goreng ayam sampai kuning keemasan,angkat/sisihkan
    3. Goreng sebentar saja cabe dan bawang putih,ulek tambahkan garam dan perasan air jeruk, penyet2 ayam yg sudah di goreng di atas sambal/aduk agar sambal merata, dan ayam geprek siap di sajikan
  1. Ayam Geprek Sambal Bawang

Varian ayam geprek yang sudah sangat umum disajikan di tempat-tempat makan yaitu ayam geprek sambal bawang. Setelah ayamnya digrepek, di atasnya langsung diberikan sambal bawang yang rasanya pedas.

Sambalnya yang diberikan cabai rawit yang pedas, tomat, dan terasi, tentu memberikan rasa sambal yang nikmat untuk disantap bersama dengan ayamnya. Kamu bisa menambahkannya dengan sedikit perasan jeruk nipis agar rasanya lebih segar pada sambalnya.

  • Bahan-bahan

Ayam
Kaldu ayam bubuk
Tepung bumbu serbaguna
Air dan minyak goreng
Buat sambalnya :
15 biji cabe rawit merah
4 siung bawah putih
Garam, Gula dan Kaldu bubuk

  • Langkah

    1. Cuci ayam sampai bersih. Balur ayam dengan kaldu bubuk, tunggu bebrapa saat.
    2. Panaskan minyak
    3. Lanjut ayam dimasukkan dan diguling-gulingkan ke tepung bumbu serbaguna.. angkat, celupkan ayam tdi ke dalam air yg ditaruh mangkuk, lanjut gulingkan lagi ke tepung bumbu
    4. Minyak sudah panas lanjut deh masukin ayam.. goreng ayam dengan api cenderung kecil biar matang sampai ke dalam. Setelah matang angkat dan tiriskan.
    5. Siapkan cobek, ulek cabe dan bawang putih (jangan lupa garam dann sedikit gula biar sip donk 😍). Jangan halus banget yah nguleknya.. biaar tambah mantul sambalnya.. tuang sedikit minyak panas ke cobek sampai bunyi ceesssss😆 but seriuuss ni yg bikin istimewaaah. Kemudian masukin ayam dan geprek dengan ulekan..
    6. Siap deh.. ayam geprek mantul siap dihidangkan dengan nasi anget.
  1. Ayam Geprek Sambal Pecak

Sambal pecak merupakan sambal hijau yang rasanya tidak kalah nikmatnya dengan sambal bawang. Kalau di masakan padang sambal hijau cukup basah, di sambal pecak ini justru lebih kering, sehingga sangat pas banget untuk dipadukan dengan ayam geprek yang krispi.

Untuk membuatnya, kamu bisa menyesuaikan jumlah cabai hijaunya dengan rasa pedas yang kamu mau. Saat menghaluskan semua bahan-bahannya, sebenarnya tidak usah terlalu halus. Cukup ulek kasar saja, rasanya masih tetap nikmat bersama dengan ayam gepreknya.

  • Bahan-bahan

4 potong dada ayam pejantan
secukupnya Perasan jeruk nipis
secukupnya Garam

Bahan pencelup:

5 sendok tepung serbaguna
3 sendok tepung terigu
1/2 sdt kaldu jamur(tmbhan dri me)
6 kotak es batu
Susu cair dingin secukupnya(me: air dingin secukupnya)

Bahan kering:

6 sdm tepung serbaguna
4 sdm tepung terigu
2 sdm tepung maizena
1 sdt kaldu jamur (tmbhan)

Bahan sambal:

Segenggam cabe rawit hijau
1 buah tomat
secukupnya Garam
secukupnya Gula
4 siung bawang merah(iris tipis lalu goreng)
Minyak panas bekas menggoreng ayam
Ini sambal untk 2 potong ayam

  • Langkah

    1. Cuci bersih ayam lalu marinated dengan perasan jeruk nipis dan garam diamkan 10-15menit
    2. Cuci bersih lagi ayamnya pindahkan pada baskom/wadah besar. Dan campur ayam dengan tepung terigu, tepung serbaguna, es batu dan air, aduk2 sampai terigu rata dan tidak bergelindir. Airnya jangan dikebanyakan supaya tidak encer sekali (kalo saya langsung campur dengan bahan-bahan pencelup tanpa di cuci bersih lagi)
    3. Diamkan ayam +-30menit suhu ruangan
    4. Dalam wadah besar lainnya campur semua bahan kering, aduk-aduk supaya rata.
    5. Setelah 30menit balurkan ayam dalam bahan pencelup supaya kembali rata lalu masukan dalam bahan kering, cubit2 supaya bahan kering menempel dengan baik.
    6. Jika ingin lebih tebal maka ayam dicelupkan lagi dalam bahan basah lalu celup kebahan kering lagi
    7. Jika ingin buat stok cukup sampai step diatas lalu tata dalam wadah kedap udara masukan dalam chiller
    8. Kalo langsung di goreng maka, panaskan minyak agak banyak lalu goreng ayam sampai kecoklatan
    9. Sambil menunggu ayam matang maka buat sambalnya.
    10. Uleg kasar cabe rawit hijau+garam+gula lalu masukan tomat dan goreng bawang merah jika sudah rata siram sambal dengan minyak panas bekas goreng ayam (harus yang benar-benar masih panas ya minyaknya supaya sambal tidak bau langu)
    11. Terakhir geprek ayam dalam cobek dan siram dengan sambalnya.
    12. Ayam geprek sambal pecak siap di hidangkan beserta nasi hangat.
    13. Selamat mencoba. Happy cooking.
  1. Ayam Geprek Sambal Matah

Sambal matah adalah satu sambal yang menjadi ciri khas masakan Bali. Selain dipadukan buat masakan-masakan Bali, sambal matah juga cocok dipadukan dengan resep ayam geprek. Bahkan saat ini ayam geprek sambal matah sudah lebih populer dibandingkan sambal lainnya.

Rasa sambalnya yang segar dari perasan jeruk limau, ditambah dengan pedasnya asli dari cabai rawit iris, tentu membuat sambal ini sayang banget kalai dilewatkan begitu saja bersama dengan ayam geprekmu.

  • Bahan-bahan

4 potongan ayam
10 sdm tp terigu
2 sdm tp maizena
2 sdm tp beras
2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1 sdt lada bubuk
secukupnya air dingin
Bumbu Marinasi :
4 siung bawang putih, parut
2 sdt garam
1 sdt lada bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk
Bahan Sambal
20 buah cabe rawit, iris
6 siung bawang merah, iris
2 batang serai, iris
4 lembar daun jeruk, buang tangkai tengahnya, iris
2 sdt garam
1 /sdt kaldu bubuk
1/2 buah jeruk nipis
secukupnya minyak goreng

  • Langkah

    1. Cuci bersih ayam, tiriskan.
    2. Siapkan wadah, campur semua bumbu marinasi, lalu balurkan ke ayam sampai merata.
    3. Diamkan 30 menit
    4. Campur tepung terigu, maizena, & beras.
    5. Beri garam, lada dan kaldu bubuk, aduk merata.
    6. Ambil campuran tepung 3 sdm taruh ke dalam wadah, beri air dingin secukupnya buat adonan kental (adonan basah)
    7. Masukkan ayam yang sudah d marinasi ke adonan basah, campur merata.
    8. Lalu masukkan ayam ke adonan tepung kering, cubit-cubit ayam agar meresap
    9. Goreng ayam di minyak panas dengan api kecil, goreng sampai matang, tiriskan
    10. Campur semua bahan sambal yang sudah di iris tipis, beri garam & kaldu bubuk, tambahkan secukupnya minyak panas, kucuri perasan jeruk nipis, aduk merata sambil dtekan2 dengan sendok
    11. Waktunya menyajikan Geprek ayam, lalu beri sambal diatasnya.
    12. Sajikan dengan lalapan
  1. Ayam Geprek Mozarella

Buat kamu yang suka dengan keju, sekarang ini sudah ada ayam geprek yang diberikan lumeran keju mozarella di atasnya. Biasanya ada lumeran mozarella yang diberikan sambal sekaligus sehingga menambahkan rasa peras pada ayam gepreknya. Tapi, kalau kamu memang tidak suka pedas, lumeran kejunya saja sudah membuat lidah terasa nikmat.

  • Bahan-bahan

    Bahan marinasi :
    500 gr ayam potong
    5 siung bawang putih
    1 sdt lada bubuk
    Secukupnya garam dan bumbu kaldu
    Bahan pelapis :
    250 gr tepung bumbu instan
    3 sdm tepung
    1 sdm maizena
    Bahan pelengkap :
    200 ml air untuk bahan pencelup basah
    Minyak untuk menggoreng

  • Langkah

    1. Haluskan bawang putih, campurkan dengan garam, bumbu kaldu dan lada bubuk secukupnya, balurkan pada potongan ayam dan simpan di dalam kulkas selama kurang lebih 3 jam, lebih bagus lagi jika semalaman.
    2. Siapkan tepung bumbu instan, tepung segitiga, maizena, beri garam, bumbu kaldu dan lada bubuk secukupnya aduk rata.
    3. Ambil sebagian dari tepung kering untuk bahan pencelup basah tambahkan air secukupnya jangan terlalu encer jangan juga terlalu kental.
    4. Siapkan ayam yg sudah di marinasi, celupkan pada tepung basah, lalu balurkan pada tepung kering lalu celupkan sekali lagi pada tepung basah kemudian terakhir pada tepung kering sambil ayam ditekan-tekan.
    5. Siapkan minyak yang banyak untuk menggoreng (ayam harus tenggelam ya bun agar dagingnya matang sempurna) panaskan minyak, jika dirasa sudah cukup panas kecilkan api pada posisi sedang, goreng ayam hingga kuning keemasan. Jangan terlalu sering dibolak balik ya bun karna akan menyerap banyak minyak.
    6. Setelah matang angkat dan sajikan dengan nasi hangat. Beri topping sambal geprek dan keju mozarella. (Untuk mozarella dilelehkan menggunakan gas torch atau bisa juga dengan microwave. Selamat mencoba

Resep ayam geprek dari berbagai varian di atas itu memang sedang booming-boomingnya sekarang ini. Mulai dari rumah makan tenda sampai restoran saja sudah menyediakannya. Tapi lebih baiknya lagi kalau kamu membuatnya sendiri di rumah agar kamu bisa menyesuaikannya sendiri sesuai selera. Apalagi sambal yang kamu buat bisa kamu sesuaikan kepedasannya dengan selera pedasmu kan?